Minggu, 22 Juli 2018

PERBEDAAN SENI RUPA MODERN DAN KONTEMPORER

1. Seni Rupa Modern
  • Pengertian Seni Rupa Modern
    Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan suatu adat atau daerah, namun tetap berdasarkan sebuah filosofi dan aliran-aliran seni rupa. Lukisan-lukisan karya Raden Saleh Syarif Bustaman, Basuki Abdullah, Affandi, S.Soedjojono dan pelukis era modern lainnya.
  • Ciri-ciri seni rupa modern
    1. Konsep penciptaannya tetap berbasis pada sebuah filosofi, tetapi jangkauan penjabaran visualisasinya tidak terbatas
    2. Tidak terikat pada pakem-pakem tertentu
2. Seni Rupa Kontemporer
  • Pengertian Seni Rupa Kontemporer
    Seni kontemporer adalah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi. Kontemporer artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah suatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini. Jadi, seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman sekarang. Lukisan kontemporer adalah karya yang secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui. Misalnya lukisan yang tidak lagi terikat pada Rennaissance. Begitu pula dengan tarian, lebih kreatif dan modern. Karya-karya happening art, karya-karya Christo dan berbagai karya enviromental art.

    Apa itu Rennaissance? Klik disini untuk penjelasannya
  • Ciri-ciri Seni Rupa Kontemporer
    1. Tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang susuai zaman.
    2. Tidak adanya sekat antara berbagai disiplin seni, alias meleburnya batas-batas antara seni lukis, patung, grafis, kriya, teater, tari, musik, hingga aksi politik
3. Perbedaan dan Persamaan Seni Rupa Modern dan Kontemporer
Meskipun berbeda dalam pendefinisian, seni lukis modern maupun kontemporer memiliki kesamaan. Keduanya mengekspresikan gagasan pribadi seniman. Muatannya bisa tentang apa saja, bisa tentang masalah kemanusiaan, religi, opini, fantasi, absurditas, atau hal-hal lainnya. Karakteristik seni seperti ini sangat menonjol pada seni yang berkembang dewasa ini.
Seni lukis modern karena definisinya bisa menembus batasan ruang dan waktu termasuk lukisan di dinding gua ribuan tahun lalu. Lukisan ini tentu tidak mungkin dimasukkan dalam kategori seni lukis masa kini (kontemporer). Sedangkan seni lukis kontemporer bisa dimasukkan dalam kategori seni luki modern karena ada unsur kebaruan dan kreativitas.
Lukisan di dinding gua termasuk seni lukis modern

Berdasarkan definisi tersebut, lukisan-lukisan yang bisa dimasukkan dalam kategori senilukis modern dan kontemporer kadang tumpang tindih, karena seni lukis modern yang diciptakan pada saat ini juga bisa disebut sebagai seni kontemporer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar