Mungkin pembaca sudah tidak asing lagi dengan fungsi SUM di Microsoft Office Excel. Yups rumus yang sangat bermanfaat terutama untuk urusan kantor. Karena fungsi tersebut sangat banyak digunakan oleh dokumen-dokumen kantor. Namun ada satu rumus yang merupakan pengembangan dari fungsi SUM, yaitu SUMIF.
Penulisan rumus SUMIF yaitu sebagai berikut:
=SUMIF(range,criteria,[sum_range])
Penjelasan sintaksis Fungsi SUMIF :
Range
Merupakan Range data dimana pada range ini
kriteria akan diterapkan. Sel di setiap rentang ini harus berbentuk angka
atau nama range, array, atau referensi yang berisi angka. Sel kosong
(blank cell) atau nilai teks akan diabaikan.
Kriteria
Merupakan kriteria yang akan diterapkan pada argumen Range.
Kriteria ini akan menentukan sel mana saja yang akan dijumlahkan. Kriteria
dapat berupa angka, ekspresi logika, referensi sel, teks, atau fungsi yang
menentukan sel mana pada argument Range yang akan ditambahkan.
Sum_range
Argumen ini bersifat opsional. Jika range data yang akan dijumlahkan berbeda dengan range data dimana kriteria diterapkan maka range data yang akan dijumhlakan tersebut ditulis pada bagian ini. Jika arugumen ini diisi maka range data inilah yang akan dijumlahkan. Jika argumen sum_range ini dihilangkan atau tidak diisi, Excel akan menjumlahkan sel yang ditentukan di argumen range (sel yang sama di mana kriteria diterapkan)
Untuk lebih memahami tentang fungsi SUMIF silahkan simak video tutorial penggunaan fungsi SUMIF dengan beberapa contoh dan soal test berikut ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar