Minggu, 19 Agustus 2018

PROGRAM APLIKASI GRAFIS OPEN SOURCE

Untuk membuat design grafis kita membutuhkan namanya aplikasi khusus grafis. Banyak aplikasi grafis yang sudah beredar luas dan terkenal. Sebut saja Adobe Photoshop dan CorelDraw.

Adobe Photoshop dan CorelDraw merupakan aplikasi grafis yang berbayar. Artinya jika Anda ingin menggunakan kedua aplikasi tersebut, Anda harus membayarnya terlebih dahulu alias membeli agar dapat menggunakannya secara maksimal. Dan harga aplikasi tersebut sangatlah mahal.

Namun bagi Anda yang tidak memiliki cukup dana untuk membelinya, Anda dapat menggunakan jalan alternatif. Yaitu dengan menggunakan aplikasi grafis yang bisa Anda miliki secara cuma-cuma alias grafis (Open Source). Contohnya yaitu GIMP  dan OpenOffice.org Draw.


GIMP atau GNU Image Manipulation Program adalah aplikasi open source untuk mengolah grafis Bitmap. GIMP dapat dimanfaatkan untuk membuat grafik dan logo, merubah resolusi dan memotong foto, mengubah warna, menggabungkan berbagai macam gambar, atau mengkonversi berbagai macam jenis file gambar. GIMP sering digunakan sebagai aplikasi pengganti Adobe Photoshop. Meskipun demikian, GIMP tidak diciptakan sebagai tiruan (cloning) dari Adobe Photoshop. GIMP dapat diunduh dari situs http://www.gimp.org


Sementara OpenOffice.org Draw adalah aplikasi open source untuk mengolah gambar berbasis vektor dan merupakan bagian dari OpenOffice.org office suite. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang juga terdapat dalam aplikasi berbayar seperti CorelDraw. OpenOffice.org Draw dapat Anda unduh secara gratis di http://www.openoffice.org.

Itulah penjelasan dan contoh aplikasi grafis open source. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan sumber alternatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar