Selasa, 17 Juli 2018

PENGERTIAN SENI RUPA DAN FUNGSI SENI RUPA


Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidasng, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Secara umum seni rupa dibedakan menjadi 2 yaitu:
Contoh seni rupa modern
  1. Seni Rupa Modern, dan
  2. Seni Rupa Kontemporer
Contoh seni rupa kontemporer


Fungsi Seni Rupa
  • Fungsi Individual
    Manusia terdiri dari unsur fisik dan psikis. Salah satu unsur psikis adalah emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi pemenuhan kebutuhan seni secara fisik dan emosional.
    • Fisik
      Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik. Seperti busana, parabot, rumah, musik senam, dan sebagainya
    • Emosional
      Dipenuhi melalui seni murni, baik dari segi si pembuat atau penggubah, maupun konsumen penikmatnya. Contohnya, lukisan, novel, musik, tari, film, dan sebagainya
  • Fungsi Sosial
    Fungsi sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relatif bersamaan. Fungsi ini dikelompokkan menjadi beberapa bidang.
    • Rekreasi atau hiburan
      Seni dapat dijadikan sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan. Hal itu dapat terjadi misalkan pada saat kita menyaksikan musik, tarian, film, dan lawak.
      Tari Saman
      Video Tari Aceh Ranup Lampuan
    • Komunikasi
      Seni dapat digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu, seperti pesan, kritik, kebijakan, gagasan, dan produk kepada orang yang banyak. Contoh: lagu, balada, poster, drama, komedi, dan reklame.
    • Pendidikan
      Pendidikan juga memanfaatkan seni sebagai sarana penunjangnya. Contoh: gambar ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah atau dokumenter, poster ilmiah, lagu anak-anak, dan foto.
    • Religi atau keagamaan

      Karya seni dapat dijadikan ciri atau pesan keagamaan. Contoh: kaligrafi, busana muslim atau muslimah, arsitektur atau dekorasi rumah ibadah, dan lagu-lagu rohani.

ARTIKEL TERKAIT




Tidak ada komentar:

Posting Komentar