Rabu, 24 Oktober 2018

DEFINISI NERACA PERDAGANGAN (BALANCE OF TRADE)

Dalam perdagangan internasional terdapat dua hal penting pencatatan transaksi, yaitu Balance of Trade (Neraca Perdagangan) dan Balance of Payment (Neraca Pembayaran)

Neraca perdagangan adalah suatu ikhtisar yang mencatat tentang ekspor dan impor suatu negara dalam jangka waktu tertentu (umumnya dalam satu tahun) dengan ketentuan apabila ekspor lebih besar dari impor maka neraca perdagangan dalam keadaan aktif dan dalam keadaan pasif apabila terjadi sebaliknya (ekspor lebih kecil dari impor).

Semua negara pasti ingin menghendaki neraca perdagangan yang aktif, karena dengan begitu maka perolehan devisa akan terus bertambah sehingga posisi cadangan devisa negara meningkat. Untuk mewujudkan hal itu suatu negara akan melakukan langkah-langkah tertentu, salah satunya adalah dengan cara memperbanyak ekspor komoditas dan menekan angka impor.

Itulah penjelasan definisi dari Neraca Perdagangan. Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca, dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

ARTIKEL TERKAIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar