Kamis, 25 Oktober 2018

DEFINISI NERACA PEMBAYARAN (Balance of Payment)

Dalam perdagangan internasional terdapat dua hal penting pencatatan transaksi, yaitu Balance of Trade (Neraca Perdagangan) dan Balance of Payment (Neraca Pembayaran)

Contoh neraca pembayaran suatu negara

Neraca pembayaran (balance of payment) merupakan suatu ikhtiar yang meringkas transaki-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu (biasanya 1 tahun).

Neraca pembayaran mencakup beberapa aspek, seperti pembelian dan penjualan barang dan jasa, hibah dari individu dan pemerintah asing, serta transaksi finansial. Pada umumnya neraca pembayaran ini terbagi atas neraca transaksi berjalan dan neraca lalu lintas modal dan finansial, serta item-item finansial.

Sedangkan transaksi dalam neraca pembayaran di bedakan menjadi 2 macam transaksi yaitu sebagai berikut:

1. Transaksi Debit
Transaksi debit merupakan transaksi yang menyebabkan mengalirnya arusa uang (devisa) dari dalam negeri ke luar negeri. Transaksi ini disebut dengan transaksi negatif, karena transaksi ini menyebabkan berkurangnya cadangan devisa negara.

2. Transaksi Kredit
Transaksi kredit merupakan transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang dari luar negeri ke dalam negeri. Jadi transaksi ini merupakan kebalikan dari transaksi debit. Dan transaksi ini disebut dengan transaksi positif, sebab transaksi ini menyebabkan bertambahnya cadangan devisa negara.

Demikianlah penjelasan tentang neraca pembayaran atau balance of payment. Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca.

ARTIKEL TERKAIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar