Kamis, 27 September 2018

PENGERTIAN MUSIK


Istilah musik berasal dari bahasa Yunani, yaitu Mousikos, yang diambil dari salah satu nama dewa Yunani. Mousikus dilambangkan sebagai suatu dewa keindahan dan menguasai bidang seni dan keilmuan.

Pengertian musik menurut Jamalus, bahwa seni musik adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik, yaitu irama, melodi, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.

Aristoteles mengatakan bahwa musik adalah curahan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama. Sedangkan menurut David Ewen, musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosiaonal.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, musik dapat diartikan ilmu atau seni menyusun nada atua suara dalam urutan, kombinasi,  dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Jadi secara keseluruhan dari definisi diatas, bisa diartikan bahwa musik adalah seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala rasa indah manusia yang ingin di ungkapkanb, terutama aspek emosional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar