Sabtu, 29 September 2018

5 FAKTOR PENYEBAB PENGANGGURAN

Pengangguran merupakan sesuatu yang harus segera di carikan langkah-langkah yang tepat untuk menanganinya. Angka pengangguran di Indonesia masih tergolong besar bila dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapore.

Para pencari kerja berdasakan di ajang pameran lowongan pekerjaan
Sebelum kita mencari langkah yang tepat untuk mengatasi pengangguran, kita simak dulu faktor apa saja yang menyebabkan pengangguran.

Berikut 5 faktor penyebab terjadinya pengangguran!


  1. Faktor Friksional
    Faktor friksional menyebabkan para pencari kerja tidak tahu bahwa ada lowongan yang sesuai dengan keinginan mereka sehingga menyebabkan lowongan tersebut tidak bisa diisi dan menimbulkan pengangguran yang jumlahnya tidak banyak dan tidak berpengaruh terhadap perekonomian secara keseluruhan. Artinya faktor ini muncul karena ketidak tahuan para pelamar kerja serta minimnya informasi tentang dibukanya lowongan pekerjaan tertentu. Hal ini bisa saja terjadi karena informasi lowongan tersebut hanya sebatas karyawan di kantor, artinya informasi diberikan hanya dari mulut ke mulut.
  2. Faktor Siklus Bisnis
    Umumnya perusahaan mengalami masa-masa menurunnya permintaan agregat sehingga pasar menjadi lesu dan berakibat kepada sedikitnya permintaan terhadap produksi. Hal ini memaksa perusahaan mengurangi pekerja mereka dengan cara melakukan PHK atau pensiun dini kepada para pekerjanya sehingga pekerja tersebut tidak lagi memiliki pekerjaan atau pengangguran.
  3. Faktor Struktural
    Faktor struktural tidak beda jauh dengan faktor siklus bisnis. Faktor ini dipengaruhi oleh permintaan produksi yang menurun. Hal ini diakibatkan karena kurang bersaingnya produksi perusahaan. Sehingga perusahaan akan mengurangi jumlah tenaga kerjanya akibat permintaan produksi yang terus menurun.
  4. Faktor Teknologi
    Para Robot sedang berkerja merakit mobil
    Faktor teknologi ini lebih kepada adanya teknologi mesin terbaru seperti robot yang dapat menggantikan pekerja manusia. Adanya teknologi ini maka perusahaan akan mulai mengganti pekerja mereka dengan mesin dan robot. Sehingga perusahaan akan melakukan PHK yang berakibat pada pengangguran. Faktor ini juga mempengaruhi terhadap jumlah lowongan kerja. Hal ini karena perusahaan yang menerapkan mesin dan robot dalam produksi mereka tidak terlalu banyak membutuhkan tenaga kerja manusia.
  5. Faktor Lapangan Kerja
    Faktor ini biasanya karena jumlah lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja. Hal ini tentu akan membuat angka pengangguran semakin bertambah.
Itulah 5 faktor penyebab terjadinya pengangguran di dunia. Pengangguran merupakan masalah yang harus segera di atasi.

Demikian artikel tentang faktor penyebab pengangguran. Semoga artikel ini bermanfaat dan kritik serta saran yang positif akan selalu admin terima demi membanguna blog ini semakin baik dan bagus dan menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat dan berkualitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar