Jumat, 13 Juli 2018

PERANGKAT LUNAK SISTEM APLIKASI

Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang diciptakan khusus oleh seorang programer untuk kebutuhan atau pekerjaan tertentu. Perangkat lunak aplikasi di kelompokkan menjadi beberapa kategori sesuai dengan kebutuhan tertentu.

1. Perangkat lunak pengolah kata (word processing)
Merupakan perangkat lunak yang berorientasi pada pengolahan kata. Contoh yang paling banyak di digunakan adalah Ms. Word.
Contoh word processing: Ms. Word


2. Pengolah Angka
Merupakan perangkat lunak yang berorientasi pada pengolahan angka, biasanya dalam bentuk tabel dan diagram. Contoh : Ms. Excel


3. Pengolah Presentasi
Perangkat lunak aplikasi ini diciptakan khusus untuk mengolah atau membuat presentasi. Contohnya yaitu Ms. Power Point.

4. Pengolah Grafis
Perangkat lunak pengolah grafis merupakan aplikasi yang diciptakan untuk keperluan membuat brosur, poster, spanduk, design, mengedit foto, dan lain-lain. Contohnya adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, dan Adobe Page Maker.


5. Pengolah Database
Merupakan perangkat lunak aplikasi yang difungsikan untuk mengolah data base yang saling berkaitan. Contohnya adalah Ms. Acces, Visual Voxpro.
Contoh Pengolah Database : MySQL


6. Multimedia
Perangkat lunak ini digunakan untuk keperluan memubuat film, mengdengarkan musik, menonton film, dan lain-lain. Contohnya adalah Microsoft Movie Maker, Adobe Premier Pro, Winamp, dan Power DVD.

7. Web Browser
Perangkat lunak ini biasanya digunakan untuk keperluan menjelajah internet. Contohnya Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla firefox.

Itulah penjelasan dari Perangkat Lunak Sistem Aplikasi beserta jenis dan contoh-contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda para pembaca blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar