Senin, 09 Juli 2018

PENGERTIAN HARDWARE DAN MACAM-MACAM HARDWARE

Hardware (perangkat keras) adalah komponen komputer yang digunakan untuk melakukan komputerisasi seperti, memasukkan data, mengolah, menyimpan hingga mengeluarkan hasil olah data yang memiliki sifat fisik, bisa dilihat dan bisa diraba.

Hardware komputer umumnya dibagi menjadi 5 bagian yaitu:
  1. Input Device (alat masukan)
    Input device yaitu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data ke dalam komputer. Data yang dapat dimasukkan ke dalam komputer biasanya terdiri dari: teks, audio, video, dan gambar.
    Contoh dari perangkat masukan (Input device) yaitu:
    • Keyboard
      Keyboard merupakan alat masukan komputer yang berupa papan tombol angka, huruf, dan simbol-simbol tanda baca yang digunakan untuk memasukkan data berupa teks.
    • Mouse

      Mouse adalah alat komputer yang berfungsi untuk melakukan berbagai perintah seperti memilih, memblok, memindah, drag, memproses data dan mengedit data. Mouse dikatakan alat masukan karena dapat memasukkan perintah-perintah seperti di atas. Kebanyakan mouse sudah menggunakan port USB. Namun sekarang mouse sudah ada yang menggunakan nirkabel atau tanpa kabel yaitu menggunakan koneksi bluetoth


    • Scanner

      Scanner merupakan alat masukan komputer yang digunakan untuk menduplikasi data berupa gambar atau halaman teks ke dalam bentuk digital sehingga dapat diolah oleh komputer.
    • Web Cam

      WebCam merupakan alat yang digunakan untuk merekam video, video call dan mengambil gambar. Pada zaman sekarang keberadaan WebCam ini sangat membantu untuk berhubungan jarak jauh.
    • Joystik

      Joystik merupakan alat yang digunakan untuk bermain game di komputer. Alat ini sangat populer dikalangan orang-orang yang gemar main game di komputer.
    • Microphone
      Merupakan alat yang digunakan untuk memasukkan data berupa suara / audio ke dalam komputer.
  2. Output Device (alat keluaran)
    Output device atau alat keluaran adalah alat komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pengolahan data baik secara visual maupun fisik.
    Contoh dari alat keluaran antara lain:
    • Monitor

      Monitor merupakan alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemrosesan data dalam bentuk visual yang berisikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
    • Printer

      Merupakan alat keluaran yang digunakan untuk mencetak data berupa teks ataupun gambar.
    • Proyektor

      Projecetor adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. Atau kata sederhananya. Projector adalah perangkat output yang berfungsi untuk menampilkan hasil pemerosesan pada komputer atau laptop ke sebuah media lain yang lebih besar. Biasanya proyektor akan di arahkan ke media dinding atau kertas polos besar yang biasanya di tempel di dinding.
    • Sound/Speaker

      Merupakan alat yang digunakan sebagai pengeras suara. Speaker merupakan alat keluaran yang berfungsi sebagai alat keluaran berupa audio atau suara.
    • Headset
      Sama halnya dengan sound, headset juga sebagai media output berupa audio. Hanya saja headset bisa di gunakan untuk 1 orang saja. Jadi yang bisa mendengar hanya orang yang menggunakan saja. Berbeda dengan sound / speaker yang dapat di dengar oleh banyak orang.
    • Cutting Plotter

      Cutting Plotter adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak gambar dengan ukuran yang besar. Biasanya perangkat ini digunakan untuk pengusaha desain untuk membuat gambar-gambar seperti arsitektur dan gambar engineering. Seperti desain spanduk, banner, dan lain-lain.
  3. Processing Unit
    Processing Unit merupakan satu kesatuan komponen komputer yang digunakan untuk melakukan pemrosesan data yang masuk ke dalam komputer yang selanjutkan hasil pemrosesan tersebut akan disimpan di alat simpanan atau dikeluarkan menggunakan alat keluaran komputer.
    Peralatan pemrosesan terdiri dari Control Unit (CU), Arithmatic Logic Unit (ALU), dan Memory.
    1. Control Unit
      Bertugas untuk menerjemahkan perintah atua instruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh bagian komputer. Bagian ini merupakan kerja dari Processor yang mengendalikan kerja komputer.
    2. Arithmatic Logic Unit
      Berfungsi untuk memproses data melalui perhitungan aritmatika seperti penambahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, serta logika.
    3. Memory
      Berfungsi sebagai penampung atau penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke komputer. Kemampuan untuk melakukan tugas tersebut tergantung pada kapasitas dari memori itu sendiri. Besarnya kapasitas memori itu sendiri dinyatakan dalam satuan Byte, KB, MB, dan GB.Memory

      Semua alat pemrosesan tersebut di atas di gabungkan dalam sebuah sirkuit yang terintegrasi yang kemudian membentuk sebuah Mikroprosesor. Mikroprosesor pada umumnya terdiri dari 2 jenis yaitu Intel dan AMD. Biasanya Mikroprosesor ditempatkan ke dalam sebuah Motherboard.

  4. Storage Device (alat penyimpanan)
    Storage Device merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk melakukan penyimpanan data komputer yang sudah di proses sebelumnya atau data dari luar komputer seperti teks, gambar, video ataupun audio.
  5. Periferal (alat tambahan)
    Periferal adalah alat tambahan yang disambungkan ke komputer menggunakan bantuan kabel atau tanpa kabel (wireless). Periferal bertugas untuk membantu komputer malukan tugas komputer yang tidak mampu di lakukan oleh perangkat yang sudah terpasang pada casing komputer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar