Sabtu, 07 Juli 2018

JARINGAN KOMPUTER DAN JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Agar dapat saling bertukar data, jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan data. Pihak yang menerima/meminta layanan tersebut disebut sebagai Client sedangkan yang memberi atau membagikan disebut sebagai Server. System jaringan seperti ini disebut sebagai jaringan Client-Server.
Selain client-server, jenis jaringan lainnya yaitu peer to peer. Tipe jaringan seperti ini hanya menghubungkan antar client saja tanpa adanya server sebagai pengontrol jaringan.
Jaringan komputer dimulai dari menghubungkan 2 komputer melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan yang akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.

Namun jika ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas, dibutuhkan perangkat keras tambahan seperti Hub, Modem, Bridge, Switch, Router, dan Repeater.
Jaringan komputer di bagi menjadi 3 jenis yaitu:
  1. LAN (Local Area Network)
    LAN Berbasis Client-Server


    LAN Berbasis Peer to peer
    LAN merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil atau satu gedung saja seperti lab komputer sekolah atau kantor. Jaringan ini yang sering kita gunakan di sekolah-sekolah. Jaringan ini merupakan jaringan yang cukup murah dalam pengadaannya. Dalam sistem jaringan seperti ini perputaran data hanya pada anggota jaringan saja dalam 1 wilayah kecil. Jangkauan jaringan LAN tidak melebihi dari 10 Km saja.
  2. MAN (Metropolitan Area Network)
    MAN merupakan suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data bekecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
    Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari jaringan MAN antara 10 sampai 50 Km. MAN merupakan jaringan yang cocok untuk menghubungkan antar kantor pemerintahan dalam satu kota, pabrik, instansi antaupun kantor bank dalam 1 kota.
  3. WAN (Wide Area Network)
    Wide Are Network
    Wide Area Network versi Satelit


    WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar yang dapat menghubungkan antar kota, antra provinsi, antar pulau, antar negara dan bahkan antar benua. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer dilokasi yang lain.
Demikian artikel tentang jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda memahami tentang jaringan komputer. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar